Kamis, 22 November 2012

sejarah bis cepat budiman

Saya ingin sedikit membagi ilmu dengan teman-teman sekalian tentang Bis Cepat Budiman, ato sering disebut BCB
Menurut hasil penelusuran saya, BCB didirikan sejak tahun 1992. walaupun mungkin termasuk masih baru, tetapi hingga kini BCB sudah mempunyai pool yang cukup luas. Bahkan armadanya sendiri mancapai 700 unit bis (wah jumlah yang tidak sedikit), dari berbagai jenis masin dan berbagai macam karoseri.
Dengan armada yang sebanyak itu tentunya BCB harus bisa memanajemen perusahaan dengan baik. Diantaranya dengan adanya agen-agen & sekaligus sebagai pengontrolan di setiap daerah-daerah yang dilaluinya, yang bertujuan agar tidak terjadinya kecurangan dalam mengambil penumpang. Adapun dengan cara membuat kode-kode mesin, agar memudahkan perbaikan mesin dan sebagainya. Berikut beberapa kode yang saya tahu:
IL  = Intercooler Long
DL = Donking Long
R    = Hino RG
HP = Hino AK
VL = Volvo
E    = Mercedes-Benz EURO
W   = Pariwisata
Ada sedikit sejarah nih yang saya tahu
Pada  awal berdirinya BCB, BCB hanya mempunyai 4 unit bis Mercedes-Benz OF 1113 dengan mesin didepan. Karena hanya ada 4 unit, BCB memberi no.lambung OF 001 s.d OF 004 (sungguh tak sebanyak sekarang). Berbeda dengan masa keemasannya, sekarang OF 1113 menjadi bis yang sangat tertinggal dan tertua tentunya. Pihak BCB sampai sekarang pun tidak menjual OF 1113 tsb, mungkin terdapat banyak kisah bersejarah didalamnya.
Saat ini ketika BCB sudah maju dibidang trasportasi, ada sekitar 700 unit yang tersebar di p. Jawa. Koleksinnya yang terbaru adalah Mercedes-Benz 1518/XBC EURO3 dengan baju RS Evolution. Ada juga Mercedes-Benz 1525 EURO2 dengan baju yang sama, bahkan yang terbaru menggunakan karoseri Adi Putro New Travego (itu baru mantab..).
Karena BCB adalah bis dari Tasikmalaya. Maka sudah sepantasnya Bis Cepat Budiman merupakan Bis Primadona bagi warga di daerahnya sendiri, dan itu memang benar adanya.
Sekian dari saya apabila banyak kekurangan mohon dimaafkan, oke..

6 komentar:

  1. Tadi malam tanggal; 28 april 2014 berangkat dari Kp. Rambutan ke Banjar jam 22.00 wib dengan harapan seperti waktu sebelumnya perjalanan dan pelayanan memuaskan, tetapi apa yang terjadi kami di OPER di sekitaran garut ... kutu kupret ... nomor polisi bus budiman nya itu Z7803HC ... KALO NGGA MAU NGANTERIN SAMPE TUJUAN JANGAN NARIK PENUMPANG DONG !!!

    BalasHapus
  2. Maaf tarif dari terminal depok ke pangandaran brp?

    BalasHapus
  3. mas apakah bis budiman memiliki hino RK8 ?

    BalasHapus
  4. Saya pernah naik budiman yg mesin mercedes sewaktu ke bogor. Sengaja pilih yg paling pagi jam 6. Dapat bis yg pertama dengan seat 3-2. Banyak mampir sana sini dikit-dikit sopir ngopi & beli gorengan. sampai ciawi sudah sktr jam 9. Penumpang full dan bagasi pun full. Bis sdh terasa ngos-ngosan dan memang benar sewaktu mau masuk tanjakan gentong sdh gak kuat lg. Akhirnya mogok dan penumpang pun terlantar sampe 1 jam nunggu bis yg kedua. Setelah ditunggu2 bis yg kedua dg seat 2-2 pun datang dalam keadaan full juga. Logikanya mau ditaruh dmn penumpang? Terpaksa saya dan penumpang yg lain berdiri tamat sampe parung bogor. Punyakah SOP jika ada bis yg mogok?perusahaan sebesar budiman kok tidak punya SOP seperti itu? Budiman memang mengecewakan....dasar kamprettttt....

    BalasHapus
  5. kepada po budiman, biasanya saya mendapatkan pelayanan yang memuaskan, tepat waktu dan tidak mengambil penumpang dijalan. Yang saya sesalkan sekitar tgl 20 desember lalu istri dan anak saya pulang ke tasikmalaya lewat kampung rambutan naik Budiman jurusan Banjar. Kenapa keluar cileunyi budiman menaikan penumpang 2 orang laki2 yang kebetulan duduk di kursi belakang istri dan anak saya, ternyata ke 2 orang laki2 ini adalah copet, sehingga istri saya kehilangan hp android dan dompet dengan seluruh isinya ( ktp, sim, kartu atm, kartu kredit ).... hal ini di ketahui adik ipar saya yang duduk di belakang sebelah kiri, karena di halang2i temannya adik ipar saya tidak terlalu curiga. Kedua orang ini turun di malangbong. Saya infokan hal ini agar pihak dari budiman bisa lebih memperhatikan kondisi di lapangan, sehingga kenyamanan dan ke amanan penumpang dapat terjaga.... karena awal tahun 2016 ini... istri saya di sibukkan membuat kartu atm, sim, ktp dll..... terima kasih atas perhatiannya...

    BalasHapus
  6. Dialus alus da aya gorengna. Digogoreng aya alusna

    BalasHapus